Jumat, 14 Juli 2017

Makalah Kewirausahaan








KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua umumnya dan kepada saya khususnya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas proposal ini.
Tugas ini dapat terlaksana karena adanya dukungan baik material maupun spiritual dari semua pihak yang telah membantu kelancaran tugas ini. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu menyelesaikan tugas ini.
Besar harapan saya proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak untuk dijadikan pertimbangan dan koreksi selanjutnya. Saya mohon maaf apabila dalam penyusunan proposal ini terdapat kesalahan ataupun kerancuan baik dalam bahasa ataupun tulisan. Saya juga menerima kritik dan saran dari pembaca yang nantinya akan berguna bagi saya. Terima Kasih.




Kuningan, Juni 2017


Penyusun        



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR                                                                        i
DAFTAR ISI                                                                                       ii
BAB I PENDAHULUAN                                                                    1
1.1   LATAR BELAKANG                                                             1
1.2  MANFAAT PEMBUATAN PROPOSAL                            1
1.3  TUJUAN PENYUSUNAN PROPOSAL                             2
BAB II PEMBAHASAN                                                                      3
2.1 NAMA USAHA                                                                       3
2.2 TEMPAT USAHA                                                                  3
2.3 PEMILIK USAHA                                                                  3
2.4 BIDANG USAHA                                                                   3
2.5 SASARAN USAHA                                                                3
2.6 VISI MISI USAHA                                                                4
2.7 MOTTO USAHA                                                                    4
2.8 ASPEK PERMODALAN DAN BIAYA                               4
2.8.1 PERINCIAN KEUANGAN DAN MODAL              4
2.8.2 RENCANA PENGHASILAN                                    5
2.9 ASPEK PEMASARAN DAN PASAR                                  5
2.9.1 SITUASI PERSAINGAN                                            5
2.9.2 SASARAN USAHA                                                     6
2.9.3 PROMOSI PENJUALAN                                          6
2.10 ANALISA SWOT                                                                 6
2.11 PASAR YANG DIBIDIK                                                    8
2.12 STRATEGI PEMASARAN                                                8
2.13 RESIKO DAN HAMBATAN USAHA                              9
2.13.1 RESIKO DAN HAMBATAN                                   9
2.13.2 SITUASI PERSAINGAN                                         9
BAB III PENUTUP                                                                             10
3.1 KESIMPULAN                                                                      10
3.2 SARAN                                                                                   10
DAFTAR PUSTAKA                                                                           11




BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Di era globalisasi saat ini tentunya sangatlah sulit untuk mencari cemilan yang unik dan sehat. Hal yang paling mungkin dilakukan adalah dengan cara membuat dan menjualnya. Di sini saya mencoba untuk berwirausaha dengan menjalankan usaha cemilan fried oreo. Jadi saya harapkan dengan usaha ini saya bisa mendapatkan pendapatan lebih dan mampu membuka lapangan kerja baru bagi semua orang (apabila sudah berkembang). Adapun untuk menjalankan usaha cemilan fried oreo ini juga terbilang tidak susah karena usaha inipun bisa saya mulai dengan modal yang relatif ringan. Selain itu dengan melakukan sedikit inovasi terhadap makanan  ini, maka saya rasa peluang usaha ini untuk kedepannya juga cukup menjanjikan dan untuk bahan bakunya sendiri bisa dengan mudah saya dapatkan.

1.2   Manfaat Pembuatan Proposal
 Proposal ini saya buat agar bermanfaat seperti untuk belajar mandiri, untuk mengisi waktu luang, dapat juga bermanfaat untuk :
1.      Membantu wirausaha untuk mengembang kan usaha dan menguji strategi  dan hasil yang di harap kan dari sudut pandang pihak lain (investor)
2.       Membantu wirausaha untuk berfikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan di jalankan
3.      Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan menyakinkan gagasan kepada pihak lain
4.       Membantu meningkat kan keberhasilan para wirausaha

1.3   Tujuan Penyusunan Proposal
Proposal ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan, sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha, menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha, melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik, menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha.













BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Nama Usaha
Nama usaha adalah hal yang sangat penting dan diperlukan supaya produk kita mudah di ingat dan di kenal oleh semua orang khususnya target konsumen kita. Untuk usaha ini, saya memberikan nama “Cemilan Fried Oreo” dan ini merupakan produk olahan rumahan.

2.2  Tempat Usaha
            Untuk menjalankan usaha ini kami lebih memilih di rumah, jadi segala aktivitas produksi dilakukan dirumah karena dengan alasan :
1.Karena keterbatasan modal untuk menyewa tempat usaha / produksi
2.Karena sudah tersedianya peralatan produksi (lengkap) di rumah
2.3  Pemilik Usaha
            Jadi usaha ini adalah usaha milik sendiri.
2.4  Bidang Usaha
            Usaha yang saya tekuni ini merupakan usaha di bidang kuliner atau makanan.
2.5  Sasaran Usaha
            Sasaran usaha dari makanan olahan oreo  ini adalah para mahasiswa, anak – anak , maupun toko-toko yang menyediakan jajanan olahan.

2.6  Visi Misi Usaha
      Menjadi pengusaha makanan olahan oreo yang terkenal karena kualitas produknya dan mampu memasok jajanan olahan oreo ini hingga ke berbagai daerah di Indonesia.
§ Menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat sekitar
§ Meningkatkan taraf hidup masyarakat
§ Mengajarkan masyarakat bagaimana cara mengolah makanan berbahan dasar oreo
2.7 Motto
Motto usaha kami adalah “Nikmat Sehat Halalan Toyyiban”
2.8  Aspek Permodalan Dan Biaya
2.8.1        Perincian Keuangan Dan Modal
Modal Awal = Rp. 71.300,00
No.
Nama Barang
Banyak Quantity
Harga
1.
Oreo
3 Bungkus
Rp. 11,800,00
2.
Telur
2 Butir
Rp. 4.000,00
3.
Susu UHT
200 ml
Rp. 5.000,00
4.
Margarine
200 g
Rp. 4.500,00
5.
Tepung premiks instan (pondan)
¼ kg
Rp. 7.000,00
6.
Plastik mika
100 buah
Rp. 6.000,00
7.
Minyak goreng
1 liter
Rp. 13.000,00
8.
Gas LPG
1 tabung
Rp. 20.000,00

Jumlah

Rp. 71.300,00

2.8.2   Rencana Penghasilan
Dalam setiap produksi menghasilkan 15 bungkus fried oreo dan untuk setiap bungkus harganya adalah  Rp. 6000,00
Jadi dalam sekali produksi menghasilkan biaya Rp. 6.000,00 x 15 = Rp. 90.000,00.
Untuk laba bersih = penghasilan produksi – biaya awal
                                = Rp. 90.000,00 - Rp.71.300,00
                                = Rp.  18.700,00
NB: untuk beberapa bahan masih ada yang tersisa           

2.9  Aspek Pasar Dan Pemasaran
2.9.1 Situasi Persaingan
            Situasi persaingan untuk usaha olahan oreo ini terutama di daerah tempat saya tinggal masih belum banyak yang menekuninya, sehingga analisa persaingan usaha ini relatif masih ringan atau mudah. Meskipun untuk beberapa daerah lain, mungkin ada juga yang menekuni usaha yang sama namun mengingat kebutuhan pasar yang tetap besar menjadikan usaha ini tetap memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

2.9.2 Sasaran Usaha
            Sasaran usaha dari makanan olahan oreo ini adalah para mahasiswa, anak – anak , maupun toko-toko yang menyediakan jajanan olahan.
2.9.3   Promosi Penjualan
            Dalam usaha ini saya mempromosikan produk saya dengan cara menawarkan ke teman-teman kuliah, saudara, dan bahkan saya juga mencoba mempromosikan ke sosial media seperti facebook ataupun via BBM (Blackbery Mesengger).
2.10     Analisa SWOT
Strong (Kekuatan)
§ Diproduksi dengan menggunakan komponen yang sehat sebagai bahan  utamanya seperti oreo, tepung , susu, telur. Adapun bahan tersebut sangat baik untuk tubuh dan memiliki nilai gizi yang seimbang.
§ Diproduksi dengan menggunakan alat-alat yang lengkap dan tempat produksi yang bersih sehingga tidak ada pengaruh dari bahan lain yang bisa membuat hasil produksi menjadi tidak higienis.
Weakness (Kelemahan)
§ Proses produksinya cukup lama mengingatkan komponen bahan yang digunakan  membutuhkan ketelitian. Sebab jika tidak hasil produksi akan tidak maksimal atau tidak sesuai harapan.
§ Produk ini masih terbilang baru yang mana juga belum banyak orang yang mengetahui. Oleh karena itu saat ini kami terus melakukan promosi dengan memanfaatkan media yang ada dengan tujuan agar produk kami bisa dikenal oleh masyarakat luas.
Peluang (Opportunity)
Melihat produk ini masih baru dikenal dan sepertinya masih belum banyak pesaingnya, maka cukup mudah bagi kami untuk membuat orang penasaran akan produk ini. Di samping itu kami mencoba untuk membuat produk olahan yang berbahankan dasar
oreo dan dikemas dalam bentuk yang lebih modern dan tentunya juga lebih sehat. Dengan begitu kita bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dan bisa mengembangkan produk ini lebih luas lagi.
Thread (Ancaman)
Hal yang akan menjadi ancaman dari produk olahan oreo ini adalah pesaing-pesaing yang pastinya juga akan terus tumbuh sehingga kita harus lebih inovatif lagi untuk tetap bisa bersaing dan mendapatkan banyak pelanggan. Selain itu produk ini juga tergantung akan kedelai atau bahan kebutuhan pokok lainnya, jadi apabila harga kebutuhan pokoknya naik maka otomatis biaya produksi juga akan meningkat sehingga itu akan berdampak pada keuntungan dari hasil produksi yang semakin menipis.



2.11  Pasar Yang Dibidik
              Kantin Sekolah/Universitas
Kantin adalah tempat untuk para siswa-siswi atau mahasiswa-mahasiswi untuk beristirahat di area sekolah atau kampus. Biasanya kantin selalu ramai dipenuhi anak-anak muda. Apalagi pelanggan produk kami utamanya adalah para remaja yang selalu penasaran akan makanan yang unik dan baru serta murah di kalangan remaja. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan pelanggan dari produk kami.

2.12  Strategi Pemasaran
 § Memberikan potongan harga dalam upaya memperkenalkan produk, sehingga dengan begitu semua orang akan lebih tertarik membeli untuk mencicipinya. Adapun strategi tersebut tentunya diharapkan bisa mengenalkan produk dan juga bisa menghasilkan repeat order.
§ Apabila ada yang memesan banyak kami biasanya akan memberikan bonus. Jadi bonus bisa berupa pengurangan harga asli atau bisa dengan penambahan produk. Diharapkan dengan pemberian bonus tersebut akan membuat pembeli merasa diuntungkan dan akan membeli produk kami terus-menerus dan bisa menjadi pelanggan tetap.
§ Untuk menanggulangi jumlah produksi yang berlebihan karena banyak produk yang belum terjual semua, terkadang kami langsung menawarkan ke konsumen seperti pekerja kantor yang sedang istirahat dan berkeliling ke tempat-tempat hiburan yang banyak orang berkumpul. Sebab kami selalu mengupayakan tidak ada barang yang kembali mengingat produk kami merupakan produk yang memiliki waktu konsumsi cukup singkat.

2.13  Resiko Usaha
2.13.1         Resiko Dan Hambatan
            Resiko dan hambatan yang mungkin saja terjadi pada usaha ini adalah :
§ Persaingan pasar yang tentunya akan semakin ketat
§ Jenis hasil produksi yang tidak mampu bertahan lama (tanpapengawet)   sehingga semua hasil produksi sebisa mungkin harus laku terjual.

2.13.2         Situasi Persaingan
            Untuk situasi persaingan pasar saat ini masih terbilang minim. Karena untuk sebagian orang mungkin masih kurang mengetahui bahwa oreo bisa diolah menjadi berbagai produk lain dengan membuat suatu inovasi di dalamnya, contohnya adalah cemilan fried oreo ini. Dengan melihat peluang ini tentu untuk prospek ke depannya usaha cemilan fried oreo ini kami bukan tidak mungkin akan menjadi leader di marketnya.











BAB III
PENUTUP
         
           3.1  KESIMPULAN
Usaha makanan olahan Fried Oreo  ini adalah salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk kedepannya. Apalagi sekarang ini sangat sulit untuk mencari pekerjaan, sehingga peluang usaha ini sangat baik apabila kita tekuni dan kita kembangkan lagi tergantung dari seberapa besar modal yang kita miliki.
 

          3.2  SARAN
Untuk para pembaca yang ingin memulai dan merintis usaha Fried Oreo ini maka sebaiknya anda juga memperhatikan beberapa hal berikut :
§ Modal yang anda miliki
§ Lokasi untuk berjualan yang strategis (jika menyewa tempat)
§ Kemampuan untuk memasarkan dengan baik (bisa dengan memanfaatkan media yang ada)
§ Jeli dalam melihat target pasar
Jadi dengan begitu anda bisa lebih siap untuk memulai usaha, sekaligus bertahan di ketatnya persaingan pasar yang ada saat ini.



DAFTAR PUSTAKA







16 komentar:

  1. izin jadiin referensi ya kak🙏

    BalasHapus
  2. Ijin untuk jadi referensi makalah kak, terimakasih

    BalasHapus
  3. hai kak ijin dijadiin referensi ya kak

    BalasHapus
  4. Izin menjadikan bahan referensi kak. Terima kasih

    BalasHapus
  5. Izin jadiin referensi makalah kak.. Syukran

    BalasHapus
  6. maaf kaa sebelumnya nya
    saya izin pakai ini untuk tugas makalah saya
    makasii kaa🙏🏻

    BalasHapus
  7. Izin buat jadi referensi makalah kak��

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum,maaf kak sebelumnya izin buat jadi referensi makalah ya kak

    BalasHapus
  9. Izin jadi referensi ya ka terimakasih 🙏

    BalasHapus
  10. polos dan sederhana, mr pedro adalah orang yang paling baik dan petugas pinjaman terbaik di layanannya. kami memiliki jalan yang sangat bergelombang selama seluruh proses renovasi bisnis kami, karena keadaan kehabisan dana. mr pedro tetap di atas semua pihak untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat untuk menutup pinjaman kami. kami menghargai semua yang dia lakukan untuk kami dan kami sangat merekomendasikan dia dan perusahaan pinjamannya kepada siapa pun yang ingin mendapatkan pembiayaan. terima kasih kembali pak pedro. hubungi mr pedro jerome di: pedroloanss@gmail.com juga di whatsapp: +1-8632310632.

    BalasHapus